Kamjar TT6006203 - Keamanan Jaringan - NDI - Kelas A dan B

Saat ini keamanan jaringan komputer menjadi prasyarat mutlak dalam menggelar infrastruktur jaringan komputer baik WAN / LAN. Apalagi sistem informasi saat ini menjadi tulang punggung perusahaan dan juga sistem yang vital bagi perusahaan dalam menjalankan roda bisnis.

Selain itu seringkali Network Administrator dipusingkan oleh banyaknya perangkat yang harus menjalankan fungsi jaringan tertentu sehingga menyulitkan mereka dalam melakukan maintenance dan sentralisasi jaringan. Sebagai contoh : fungsi routing dijalankan khusus perangkat router, fungsi firewall oleh box hardware firewall, fungsi load balancing oleh hardware tersendiri, fungsi antivirus oleh sistem aplikasi tersendiri.

Mata kuliah Keamanan Jaringan merupakan mata kuliah pilihan yang membahas tentang prinsip keamanan siber, arsitektur keamanan jaringan, ancaman keamanan jaringan, IDPS, Firewall, konsep VPN, sistem keamanan Internet, kejahatan dan etika hacking, dasar kriptografi, keamanan wireless, dasar forensik digital, forensik jaringan.  Keamanan Jaringan direkomendasikan bagi mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Jaringan Komputer tanpa prasyarat apapun. Pelaksanaan perkuliah dilakukan melalui bentuk tatap muka, simulasi dan perancangan.

Mata Kuliah Keamanan Jaringan mengacu pada Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi meliputi :

1.    Mampu memahami pentingnya keamanan sistem komputer dan dasar-dasar keamanan jaringan,

2.    Mampu memahami pola-pola penyerangan terhadap sisten keamanan komputer

3.    Mampu memahami proses mengevaluasi keamanan jaringan.

4.    Mampu mengimplementasikan berbagai cara pengamanan data (kriptografi dan secure socket layer)

5.    Mampu memahami implementasi kriptografi